Tanamkan Literasi Antikorupsi Usia Dini, KPK Corner Hadir di Perpustakaan DKI Jakarta

06 Oct 2023 | Dilihat : 992 kali

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meresmikan KPK Corner di Perpustakaan Jakarta, Kamis (5/10). Peresmian ini ditandai dengan pemotongan pita oleh Kepala Biro Hubungan Masyarakat KPK Yuyuk Andriati Iskak bersama Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta Firmansyah.

Yuyuk mengapresiasi kerja sama yang terjalin antara KPK dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, khususnya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan yang telah memberikan ruang dalam penanaman nilai-nilai antikorupsi dan integritas melalui literasi. Fasilitas sudut baca antikorupsi bernama KPK Corner di Perpustakaan Jakarta ini adalah KPK Corner ke- 6 yang telah diresmikan.

“Hari ini, kami sangat berbahagia karena KPK Corner pertama kalinya berada di Perpustakaan Umum yaitu Perpustakaan Jakarta di mana sebelumnya hanya ada di Perguruan Tinggi. Kami melihat peluang bahwa masyarakat umum juga harus terlibat dalam setiap program antikorupsi,” jelas Yuyuk dalam sambutannya.

KPK Corner pada Perpustakaan akan diperkaya dengan literasi antikorupsi untuk berbagai kalangan termasuk anak-anak. Pendidikan antikorupsi usia dini juga merupakan salah satu program unggulan, di mana KPK menyiapkan bahan baca, bahan visual maupun permainan yang dapat memberikan pemahaman dan penanaman nilai-nilai antikorupsi.

Perpustakaan Jakarta sendiri memiliki lokasi dan konsep perpustakaan yang modern, mempunyai banyak ruang baca yang disesuaikan dengan usia, dan menjadi salah satu tujuan publik untuk menghabiskan waktu karena konsep yang diusungnya. Berbagai kalangan publik juga mengunjungi lokasi ini baik dari usia sekolah sampai dengan para pekerja dengan beragam latar belakang.

Lanjut Yuyuk, banyak aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat di Perpustakaan Jakarta seperti diskusi, kolaborasi seni dan kegiatan anak di area publik yang telah disediakan. Berbagai aktivitas tersebut dapat menjadi peluang untuk mendukung visi misi KPK dalam melibatkan seluruh kalangan masyarakat dari berbagai usia sebagai penggerak aksi antikorupsi.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta Firmansyah menyambut baik peresmian KPK Corner di Perpustakaan Jakarta ini. Hal ini merupakan wujud implementasi UU 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa melalui budaya membaca agar generasi mendatang lebih peka, cerdas, dan paham literasi digital.

“Terima kasih atas kerja samanya kepada KPK. Harapannya adik-adik di sini bisa menjadi generasi unggul yang siap berkompetisi secara global,” kata Firmansyah.

Dalam peresmian KPK Corner ini juga dilanjutkan dengan tur perpustakaan, serta aktivasi kegiatan seperti mendongeng dan bermain board game yang melibatkan 30 siswa dan pengajar dari SDN Menteng 03.  Setelahnya, akan digelar kegiatan bersama para ilustrator di Aula PDS HB Jassin bertajuk “Temu Kawan Artsy”.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala Bagian Pelayanan Informasi dan Komunikasi Publik (PIKP) Biro Humas KPK Chrystelina GS, Kepala Unit Pengelola Perpustakaan Jakarta dan Pusat Dokumen Sastra PDS HB Jassin Diki Lukman Hakim, Direktur Saya Perempuan Antikorupsi Indonesia (SPAK) Maria Kresentia, Kepala Sekolah SDN Menteng 03 Uken Kurniawati, rekan Pustakawan Perpustakaan Jakarta, dan Komunitas SPAK Jakarta.

Sekilas tentang KPK Corner

KPK Corner digagas Perpustakaan KPK sebagai upaya memperluas kerja sama perpustakaan serta menjadi jawaban atas masih minimnya literasi tentang korupsi dan pemberantasannya di lingkungan kampus dan masyarakat. KPK Corner dengan tagline “Tautan Utama Pengetahuan Antikorupsi” ditujukan sebagai laboratorium mini, yang menyediakan berbagai sumber literasi antikorupsi mulai dari buku dan alat peraga lainnya. Harapannya, KPK Corner dapat menjadi alternatif sumber atau pojok pengetahuan bagi mahasiswa dan masyarakat terkait isu-isu pemberantasan korupsi.

Sejak tahun 2015, Perpustakaan KPK melakukan kerja sama literasi dengan berbagai perguruan tinggi. KPK hingga saat ini telah memiliki 5 (lima) KPK Corner yang tersebar di berbagai Perpustakaan Kampus yaitu Universitas Negeri Padang, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Universitas Lambung Mangkurat, Telkom University, dan di IPB University.  Melalui kerja sama ini, perpustakaan KPK telah melakukan publikasi lokal, sarasehan pustaka, penulisan jurnal, webinarworkshop membaca cepat, pelatihan menulis resensi, klinik pembuatan video, lomba reels, hingga lomba resensi buku.

Sumber: https://www.kpk.go.id/id/berita/berita-kpk/3265-tanamkan-literasi-antikorupsi-usia-dini-kpk-corner-hadir-di-perpustakaan-dki-jakarta