4 Fakta Menarik Perpustakaan KPK, Ada Buku Anak Juga Loh

22 Aug 2022 | Dilihat : 49 kali

Jakarta - Bagi sebagian orang, Gedung KPK mungkin dianggap horor, karena di Gedung Merah Putih itu para koruptor diperiksa. Tapi ada loh satu sudut tempat nyaman, tidak semenyeramakan yang kita bayangkan yaitu Perpustakaan KPK. Perpustakaan yang berada di lantai 1 Gedung KPK ini memiliki banyak referensi soal antikorupsi.

Perpustakaan KPK ini sudah dirancang sejak tahun 2009, ruang perpustakaan ini memiliki desain interior yang modern minimalis. Tersedia koleksi buku dari berbagai ragam, fasilitas ruang diskusi, dan ruang baca yang bisa diakses siapa saja. Apakah kamu tertarik mengunjungi Perpustakaan KPK?

Sebelum itu, simak dulu 4 Fakta Menarik Perpustakaan KPK.

1. Terbuka untuk umum dan semua usia

    Belajar kelompok atau mengerjakan tugas kelompok nggak harus datang ke kafe, kok. Perpustakaan KPK bisa jadi alternatif tempat yang nyaman yang bisa kamu datangi. Siapapun bisa berkunjung ke Perpustakaan ini mulai dari mahasiswa, penyuluh, masyarakat umum, bahkan anak kecil juga bisa menikmati suasana di sini. Perpustakaan ini buka pukul 09.00 -16.00 WIB pada hari Senin hingga Jumat. Pastikan kamu membawa identitas diri dan menggunakan sepatu jika berkunjung ke sini ya.

2. Memiliki literasi antikorupsi terbanyak di Indonesia

    Seperti slogan Perpustakaan KPK yang berbunyi, “Tautan Utama Pengetahuan Antikorupsi”, hadirnya perpustakaan ini diharapkan dapat membantu masyarakat luas agar melek informasi mengenai isu korupsi sehingga masyarakat antikorupsi dapat terwujud.Memiliki lebih dari 8.000 koleksi subjek khusus korupsi, maka tidak heran hal itu menjadikan Perpustakaan KPK sebagai perpustakaan dengan literasi antikorupsi terbanyak di Indonesia. Nah buat kamu yang membawa anak kecil, jangan khawatir perpustakaan ini juga ramah anak loh. Terdapat rak khusus untuk koleksi anak yang menghadirkan buku terkait isu antikorupsi.

3. Mengusung konsep layanan mandiri

    Perpustakaan KPK mengadopsi layanan terbuka. Artinya pengunjung bisa dengan mudahnya mengakses semua jenis koleksi yang diinginkan. Mulai dari mencari buku di katalog online, memilih buku di rak hingga melakukan peminjaman buku di anjungan mandiri. Tenang petugas disini sigap membantu kamu jika mengalami kesulitan. Di sini kalau temen-temen haus boleh loh bikin kopi sendiri.

4. Perpustakaan KPK mempunyai 4 Cabang di Indonesia

    Buat kamu yang berada di luar Jakarta jangan khawatir, kamu masih bisa mengakses koleksi antikorupsi melalui KPK Corner. Perpustakaan KPK melakukan kerjasama literasi dengan berbagai perguruan tinggi. Mulai dari publikasi lokal, sarasehan pustaka, penulisan jurnal, hingga menghadirkan KPK Corner di Perguruan Tinggi. Kehadiran KPK Corner sejak tahun 2017 menjadi alternatif sumber atau pojok pengetahuan antikorupsi bagi sivitas akademika di Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat; Universitas Atma Jaya Yogyakarta, DIY; Universitas Lambung Mangkurat, Kalimantan Selatan; dan Telkom University, Jawa Barat. 4 KPK Corner tersebut diharapkan menjadi laboratorium mini yang diharapkan dapat menjadi pendorong kegiatan pembelajaran, penelitian, dan kajian mengenai korupsi.

 

Nah, itu dia 4 Fakta Menarik di Perpustakaan KPK, yuk berkunjung ke Perpustakaan KPK!