Jemput Bola, Perpustakaan KPK Resmikan KPK Corner di Perpustakaan Universitas Atma Jaya Yogyakarta

08 Mar 2018 | Dilihat : 98 kali

Kini, bagi mahasiswa atau pelajar yang berdomisili di sekitar Yogyakarta tidak perlu jauh-jauh lagi mengakses sumber informasi mengenai korupsi dan pemberantasannya. Rabu, 15 Nopember 2017 lalu, Perpustakaan KPK dan Perpustakaan Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) meresmikan KPK Corner yang terletak di lantai basement Gedung Perpustakaan UAJY.

KPK Corner merupakan sebuah laboratorium mini yang berisi berbagai koleksi buku dan alat peraga mengenai korupsi dan pemberantasannya. KPK Corner hadir sebagai tindak lanjut kerja sama yang telah dibangun antara Perpustakaan KPK dan Perpustakaan UAJY sejak 2013 lalu. Selain itu, corner ini pun digagas dan akan dikelola secara bersama-sama antara Perpustakaan KPK, Perpustakaan UAJY, dan sivitas akademika lainnya yang memiliki perhatian terhadap isu pemberantasan korupsi.

Pemukulan gong yang dilakukan Saut Situmorang (Wakil Ketua KPK) disaksikan oleh Dr. Gregorius Nurhartanto, AH., LLM. (Rektor UAJY) sebanyak 5 (lima) kali menjadi awal diresmikannya KPK Corner. Perpustakaan UAJY menjadi perpustakaan pertama yang memiliki KPK Corner di Indonesia.

Bersamaan dengan peresmian ini, Perpustakaan KPK juga menyerahkan 194 eksemplar buku yang berkaitan dengan subjek korupsi untuk memperkaya literasi korupsi dan antikorupsi di KPK Corner. Bambang Widjojanto (Mantan Pimpinan KPK) yang ikut serta dalam peresmian pun ikut menyumbangkan dua buku yang ditulisnya untuk pengembangan koleksi corner ini.

KPK Corner yang terletak di Perpustakaan UAJY bertujuan untuk menjadi sumber informasi terdekat yang dapat diakses oleh sivitas akademika Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Selain itu, diharapkan ke depannya KPK Corner dapat digunakan sebagai sarana penyebarluasan pengetahuan juga motivasi bagi sivitas akademika untuk mengembangkan pengetahuan antikorupsi secara nyata.